Bagaimana Mempromosikan Produk Agar Cepat Terkenal Sehingga Meraih Pendapatan Maksimal?
Sebenarnya, apa sih fungsi iklan itu?
Bagaimana Cara Mempromosikan Produk Supaya Semakin Terkenal Sehingga Meningkatkan Profit (pendapatan)
1. Promosi di Saluran Televisi
2. Promosi di Koran
3. Promosi di Majalah
4. Promosi Secara Langsung
- Ikut menjadi sponsor diacara besar contohnya, acara pensi, pertunjukan dan sebagainya.
5. Promosi dengan Menyebarkan Selebaran/Brosur
6. Promosi di Papan Reklame
7. Promosi di Kalender
8. Promosi di Internet
Produk merupakan barang atau jasa yang dibuat dan ditawarkan oleh suatu perusahaan. Setelah produk diproduksi biasanya ada hal yang penting dilakukan agar produk itu jadi laku dan laris manis dipasaran. Hal penting itu merupakan promosi.
![]() |
Ptomosi Produk |
Kata promosi tentu bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Hampir setiap hari dan dimana pun kita berada pasti selalu menjumpai promosi yang berbentuk iklan, baik iklan yang ada di Televisi, koran, internet bahkan papan reklame dipinggir jalan sekalipun.
Sebenarnya, apa sih fungsi iklan itu?
Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh perusahaan yang menginginkan produknya semakin dilihat oleh masyarakat luas. Dengan dilihatnya iklan oleh masyarakat, tentu akan membuat isi daripada iklan itu (produk) akan menjadi terkenal sehingga akan ada kemungkinan kalau produk itu menarik minat konsumen untuk membelinya.
Mempromosikan produk merupakan strategi pemasaran yang tak pernah dilupakan oleh seorang ahli pemasaran. Namun begitu, bagaimana cara memperkenalkan produk kepada masyarakat luas? Ada banyak cara untuk memperkenalkan (promosi) produk kepada masyarakat. Beberapa caranya itu berbeda-beda tergantung dari bentuk promosinya. Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini:
Televisi merupakan sasaran empuk yang mantap untuk dijadikan sebagai lapak promosi. Alasan kenapa promosi di Saluran Televisi dianggap empuk merupakan karena ada banyak orang menonton Televisi. Sayangnya, untuk mempromosikan produk di sebuah saluran Televisi memerlukan biaya yang tidak sedikit. Setidaknya, kamu harus menyiapkan uang jutaan rupiah bahkan bisa sampai miliaran untuk mempromosikannnya.
Meskipun mahal, promosi di Televisi terbilang efektif karena yang melihatnya sangatlah banyak sehingga ada kemungkinan akan banyak pula pembeli yang tertarik pada produk kamu.
kalau modal promosi kamu pas-pasan, maka koran merupakan alternatifnya. Koran bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin produknya dikenal oleh masyarakat lokal, tetapi dengan biasa pengeluaran yang murah lagi meriah. Ya, memasang iklan dikoran, sebenarnya tak tergolong mahal-mahal amat. Jadi, bentuk promosi ini lebih cocok untuk perusahaan yang berada pada kelas kecil maupun menengah.
Sebenarnya, berpromosi di Majalah hampir serupa dengan promosi di Koran. Bedanya, berpromosi di majalah mungkin memerlukan biaya yang sedikit lebih tinggi dari promosi di koran. Hal ini mungkin dikarenakan majalah tergolong elit, modern, menarik dan tentunya memiliki visual yang bergambar jelas.
Selain itu, perbedaan lainnya merupakan iklan kamu akan tahan lama mengingat majalah sehabis dibeli biasanya akan disimpan, sementara koran justru sebaliknya.
Promosi secara langsung merupakan bentuk lain untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Promosi secara langsung dapat dilakukan dengan melibatkan diri pada kegiatan tersebut, contohnya:
- Dengan menyewa sales untuk memperkenalkan produk ke rumah ke rumah & di Mall, Supermaket dan sebagainya.
- Melakukan semacam pembagian produk secara gratis kepada masyarakat.- Ikut menjadi sponsor diacara besar contohnya, acara pensi, pertunjukan dan sebagainya.
5. Promosi dengan Menyebarkan Selebaran/Brosur
Mempromosikan produk dengan selebaran/brosur merupakan jenis promosi lain yang cocok untuk perusahaan menengah. Metode promosi ini setidaknya memerlukan dana yang menengah untuk mencetak brosur dengan desain menarik. Jadi, kalau ingin memperkenalkan produk dengan cara ini, maka kamu diharuskan terlebih dahulu untuk membuat desain iklan yang menarik agar masyarakat mau menerimanya. Adapun metode penyebarannya bisa dilakukan dengan memberikan brosur tersebut kepada masyarakat yang menjadi target.
Papan Reklame merupakan papan berisi iklan yang ada dipinggiran jalan. Biasanya, papan iklan ini kerap ditemui pada lokasi-lokasi yang strategis, utamanya dipusat kota, persimpangan dan sebagainya. Dengan menempatkannya pada lokasi yang strategis maka tentu akan membuat iklan tersebut menjadi terlihat oleh masyarakat ketika melewati jalan raya, meski hanya sepintas. Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk promosi dengan cara ini tergolong biaya menengah.
Promosi di kalender sebenarnya tergolong sebagai jenis promosi yang licik. Hal ini lantaran cara promosinya yang tergolong baik, padahal ada maksud tertentu. Meski begitu, bukan berarti meletakkan iklan dikalender merupakan hal yang salah. Malahan, hal ini merupakan salah satu strategi yang bagus untuk menggaet masyarakat agar tertarik dengan produk yang di iklankan.
kamu bisa membuat kalender dengan desain unik yang disertai iklan promosi kamu. Tentunya, untuk mencetak kalender memerlukan biaya dan oleh karena itu kamu sebaiknya harus menyiapkan modal terlebih dahulu. Setelah kalender selesai, maka bagikan kalender itu secara cuma-cuma kepada masyarakat. Adapun keuntungan berpromosi dikalender merupakan iklan kamu tetap awet dan bertahan lama selama setahun. Selain itu, ada kemungkinan kalau iklan kamu akan dilihat setiap hari, mengingat setiap hari tanggal selalu berganti, sehingga manakala masyarakat yang lupa akan tanggal, maka ia akan melihat kalender buatan kamu dan disaat itu ada kemungkinan iklan kamu pun bakalan terlihat olehnya.
8. Promosi di Internet
Promosi di Internet merupakan metode terakhir yang lumayan efektif. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna internet sangatlah banyak. Jadi, kalau kamu mengiklankan produk kamu di Internet, maka produk kamu pun akan terkenal sehingga akan menarik minat mereka untuk mencoba merasakan produk kamu tersebut. Keuntungan lain kalau berpromosi di internet merupakan biasanya kamu dapat mengatur target-target konsumen yang diinginkan. contohnya, produk kamu berkaitan dengan remaja, maka kamu dapat membuat iklan dengan menargetkan masyarakat yang hanya orang dewasa saja. Selain itu, kelebihan lain kalau kamu berpromosi di Internet merupakan kamu dimungkinkan untuk melihat statistik promosi yang kamu buat. Perlu diketahui, statistik itu merupakan catatan-catatan penting yang terkait dengan promosi iklan kamu di internet. Biasanya, statistik yang dicatat merupakan mengenai jumlah konsumen yang mengklik iklan kamu, jumlah iklan yang ditampilkan dan sebagainya.
Itulah tadi, informasi mengenai cara mempromosikan produk biar cepat laris manis dipasaran. Dengan adanya informasi ini diharapkan agar produk halal kamu laku keras dipasaran.
EmoticonEmoticon